Template Blog SEO Terbaik Terbaru Rinan Fast Loading Responsive Simple

Monday, August 24, 2015

Tips Bisnis Online dengan Blog

Tips Bisnis Online dengan Blog
Google Adsense bukan satu-satunya lahan bisnis online di blog. Masih banyak alternatif Adsense dan Usaha Online Tanpa Iklan.

DULU, blog is online diary (buku harian online). Kini, blog is online business (bisnis online). Blog yang semua "hanya" sebagai media sosial dan situs web pribadi (personal website), berkembang menjadi sarana bisnis online yang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.

Salah satu faktor yang mendorong blog menjadi lahan bisnis online adalah blogger sendiri. Sang pemilik blogger, Google, dengan jelas mendorong para blogger untuk menghasilkan uang dengan blognya, yaitu dengan mencantumkan menu "Earnings" (Penghasilan) dan "Make Monye with Your Blog" di Dashbord Blogger.

Dengan membuka link salah satu menu tersebut, kita diarahkan ke cara bisnis online melalui blog, yaitu ditawari ikut program Google Adsense (Iklan Google).

Jika diterima, blog kita akan bisa memasang maksimal tiga unit iklan Google yang isi iklannya ditentukan Google sendiri, namun bisa kita saring juga di settingan izin iklan di akun Google Adsense.

Dalam panduannya, Google mengatakan, jumlah penghasilan Google Adsens tidak menentu, bisa kecil bisa besar, tergantung jumlah pengunjung yang klik dan jenis iklan yang ditampilkan menyesuaikan dengan konten atau posting blog.

Anda yang belum punya blog dan ingin menjalankan bisnis online melalui blogging, tinggal membuat blognya (Create a Blog Now).

Anda yang sudah punya akun email Gmail namun belum punya akun blogger, tinggal login, lalu buka Tab/Jendel Baru di Browser, buka www.blogger.com, dan klik saja menu "Buat sebuah Blog" (Create a Blog).

Langkah Awal: Konten Blog Berkualitas

Setelah membuat blog, tidak akan langsung bisa diterima program Google Adsense. Maka, langkah awalnya adalah isi dulu blognya dengan Konten Berkualitas sebagai berikut (rekomendasi Google):
  • Berguna dan informatif: Jika meluncurkan situs untuk restoran, Anda dapat menyertakan lokasi, jam buka, informasi kontak, menu, dan blog untuk berbagi acara yang akan datang.
     
  • Lebih bernilai dan berguna daripada situs lain: Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing.
     
  • Dapat dipercaya: Tampilkan kredibilitas situs Anda dengan menggunakan sumber daya, kutipan, tautan, ulasan, dan testimoni asli. Biografi penulis atau testimoni dari pelanggan nyata dapat membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan situs Anda.
     
  • Kualitas tinggi: Sebaiknya situs Anda memiliki konten yang unik, spesifik, dan berkualitas tinggi. Konten sebaiknya tidak diproduksi secara massal atau dialihdayakan ke sejumlah besar situs lain. Perlu diingat bahwa konten Anda sebaiknya dibuat dengan tujuan utama memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, bukan untuk memiliki peringkat tinggi di mesin telusur.
     
  • Menarik: Buat situs Anda berwarna dan terasa hidup dengan menambahkan gambar produk, tim, atau diri Anda sendiri. Pastikan pengunjung tidak terganggu dengan kesalahan ejaan, gaya, dan fakta. Iklan yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pengunjung. Libatkan pengunjung dengan berinteraksi dengan mereka melalui pembaruan rutin, kotak komentar, atau widget media sosial.

Tingkatkan Trafik & Pageviews

Dengan terus mengisi blog dengan konten berkualitas, maka blog kita akan banyak pengunjung, trafik dan pageviews-nya tinggi, dan saat itulah blog kita bisa didaftarkan ikut Google Adsense.

Jika tidak diterima juga, maka ada alternatif selain Google Adsense, seperti Chitika dan banyak lagi.

Lagi pula, Adsense bukan satu-satunya cara bisnis online atau menghasilkan uang dengan blog. Banyak cara lain seperti yang dikemukakan About Tech:
1. Menjual Barang (Sell Merchandise).
2. Menerima Donasi (Ask for Donations).
3. Menulis di Blog Lain (Sell Your Guest Posting Services). 
4. Menulis dan Menjual Ebook (Write and Sell an Ebook).
5. Menulis Buku (Write a Book)
6. Menjadi Blogger Profesional (Become a Professional Blogger).
7. Melamar Pekejaan Menulis Blog (Apply for Other Writing Jobs)
8. Menjadi Pembicara (Become a Public Speaker).
9. Menjadi Konsultan (Become a Consultant).
Bisnis Online dengan Blog Tanpa Adsense Lainnya, seperti dikemukakan All Blogging Tips, adalah sebagai berikut:
1. Gabung dengan Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing) 
2. Menjual space iklan (Selling Ad Spaces).
3. Menggunakan Alternatif Adsense seperti Bidvertiser dan Chitika 
4. Menulis Reviews Berbayar (Writing Paid Reviews)
5. Menggunakan Iklan dalam Teks (In Text Ads) seperti InfoLinks.

Itulah Tips Bisnis Online dengan Blog sebagai inspirasi menghasilkan uang dari internet, dalam hal ini blogging.*

Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment